Course content

Latihan: Membuat persona

Ikhtisar

Dalam latihan ini, Anda akan membuat persona untuk pemesanan online Little Lemon menggunakan templat yang disediakan dan berempati dengan persona ini sebagai pengguna.

Persona adalah penggambaran fiktif namun realistis dari pelanggan khas merek Anda. Persona yang efektif bukan hanya garis besar yang tidak jelas; mereka menggambarkan pelanggan fiktif ini sebagai orang yang nyata dengan nama, karier, motivasi, tujuan, dan masalah.

PersonaTemlateDOCX File

Skenario

Setelah meneliti jenis pelanggan yang memesan makanan secara online, temuan menunjukkan bahwa keterbatasan waktu merupakan faktor pendorong mengapa pelanggan memilih metode ini. Dengan mempertimbangkan skenario ini, buatlah persona dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk mengisi bagian yang kosong pada templat yang terlampir.

Langkah 1: Nama

Langkah pertama adalah memberi nama persona Anda. Karena persona mewakili pelanggan utama Anda, Anda harus menyebutnya sebagai orang yang memiliki perasaan dan perilaku nyata yang dapat Anda jadikan sebagai bahan empati saat membuat desain dan keputusan di masa depan. Memberi nama persona Anda akan menambahkan unsur manusiawi.

Langkah 2: Gambar

Langkah selanjutnya adalah pemilihan gambar. Saat memilih gambar, ingatlah bahwa gambar tersebut haruslah orang sungguhan yang secara efektif mewakili target pelanggan Anda. Jangan gunakan selebriti atau kartun. Anda lebih baik menggunakan seseorang yang secara realistis mewakili usia, jenis kelamin, dan kepribadian persona Anda.

Langkah 3: Deskripsi

Pada langkah ketiga, Anda akan mendeskripsikan persona dengan meringkas karakteristik penting seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan kemampuan teknis. Mendeskripsikan persona Anda dengan cara ini akan membantu menciptakan latar belakang yang lebih kohesif dan realistis."

Langkah 4: Kutipan

Selanjutnya, sertakan kutipan untuk persona Anda. Ini harus berupa cuplikan singkat tentang kepribadian persona atau sesuatu yang penting bagi mereka. Ingat, tujuannya adalah untuk menciptakan persona yang dapat diempati oleh anggota tim, jadi kutipan ini harus lebih memanusiakan pelanggan fiktif Anda.

Langkah 5: Biodata

Semua orang menghargai latar belakang yang bagus. Berikan persona Anda beberapa konteks. Di mana mereka tinggal? Apa yang mereka lakukan di waktu luang? Sertakan beberapa detail yang membantu membuat mereka unik. Sertakan di mana mereka tinggal, apa yang mereka sukai, dll.

Langkah 6: Kebutuhan inti

Selanjutnya, Anda harus menguraikan kebutuhan inti persona Anda. Sangat penting untuk memahami aspirasi mereka karena Anda ingin produk atau layanan Anda sesuai dengan kebutuhan tersebut. Sebagai contoh, Tilly adalah seorang profesional yang sibuk dan membutuhkan waktu untuk mengatur hidupnya di sekitar pekerjaannya.

Langkah 7: Frustrasi

Pada langkah terakhir, Anda akan mencoba untuk memahami poin-poin yang membuat persona Anda frustasi. Hal-hal apa saja yang membuat persona Anda frustasi? Apakah mereka benci melakukan pekerjaan yang sibuk atau tugas-tugas rutin? Setelah Anda memahami rasa frustasi mereka, Anda dapat menyelesaikannya dan membangun produk yang lebih baik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tandai sebagai selesaiSukaTidak DisukaiLaporkan Masalah

Rating
0 0

There are no comments for now.

to be the first to leave a comment.